Jual Bibit Pisang Bali

Tanaman Pisang Bali merupakan salah satu jenis tanaman hias yang masih dalam kategori jenis pisang,yang mana pisang bali ini mempunyai bentuk yang berbeda jauh dengan jenis – jenis pisang lainnya Dan hal penting untuk di ingat jika Pisang Bali ini tidak dapat di konsumsi seperti pada pisang pada umumnya.

Nama nya  pisang bali namun pisang jenis ini bukan berarti asli dari pulau Bali, Indonesia. Pisang bali ini aslinya berasal dari negara Peru, Ekuador, Bolivia, dan Kolombia. 

Jual Bibit Pisang Bali

Bentuk bunga dari pohon pisang bali ini juga terbilang cukup unik dan sangat menarik sehingga selain sebagai pohon buah , pohon pisang bali ini juga bisa dijadikan sebagai pohon hias. 

Bunga dari pohon pisang bali ini juga menarik apabila dilihat dari kejauhan sekalipun. Bunga pisang bali yang sudah dalam kategori dewasa akan mempunyai bunga yang menjuntai ke bawah dengan perpaduan warna merah dan kuning cerah. Pohon pisang bali ini merupakan tanaman yang cukup tahan terhadap paparan langsung sinar matahari. Pohon pisang bali ini dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah.

Masa panen pada pohon pisang bali ini cenderung lebih cepat apabila dibandingkan dengan jenis buah pisang yang lainnya. 

Pohon pisang bali ini sudah dapat dipanen setelah berusia 1 tahunan. Bahkan ada yang hanya membutuhkan waktu 9 bulanan. Oleh karena itu kebutuhan pisang bali di pasaran jarang sekali mengalami kelangkaan dikarenakan masa panennya yang singkat. 

Jadi akan lebih menguntungkan bagi para petani buah apabila membudidayakan pohon pohon pisang ini. Mengingat pisang ini juga merupakan buah yang banyak sekali peminatnya. Terutama kaun bayi dan kaum lansia.

Buah pisang bali ini memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh,yang mana pisang bali ini kaya akan kandungan multivitamin dan juga sangat banyak kandungan mineralnya yang cukup melimpah,dan dengan hal semacam itu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah pisang bali juga sangat baik untuk kesehatan organ jantung manusia. 

Buah pisang bali juga dapat diolah menjadi berbagai produk makanan misalnya saja manisan,lalu juga bisa dicampur dengan masakan seperti Rujak,Dan Gado-Gado. Tentunya pisang bali ini selain menyehatkan tubuh juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat. 

Harga dari buah pisang juga tidak terlalu mahal jadi buah pisang merupakan buah yang bisa diandalkan untuk membentuk usaha. Pisang bali ini sayangnya masih jarang sekali ditemukan di pasaran Indonesia. 

Mungkin dikarenakan masih sangat sedikit sekali para petani buah yang membudidayakan pohon pisang bali ini. Sebenarnya cara untuk membudidayakan bibit pohon pisang bali ini sama saja dengan cara budidaya bibit pohon pisang yang lainnya. 

Bagian yang menarik dari tanaman pisang bali ini ada pada bagian bunganya,yang mana bunga dari pohon pisang bali ini ternyata pada bagian ujung – ujungnya dapat menampung air yang mana nantinya akan diminum oleh serangga danjuga  burung yang hinggap. 

Hal ini membuktikan bahwa pohon pisang bali juga ikut berperan dalam keseimbangan ekosistem di hutan. Selain menampung air , bunga pohon pisang bali ini juga menghasilkan nectar yang yang sangat berguna sekali bagi serangga – serangga khususnya lebah. 

Jadi sebaiknya para petani harusnya memikirkan ulang untuk segera membudidayakan pisang bali ini.

Hal ini nantinya akan berdampak pada ekonomi itu sendiri,mengingat peluang budidaya pisang Bali ini mempunyai peran yang sangat vital dan mampu mendongkrak nilai ekonomi di pasaran,selain itu juga buah pisang bali ini juga mempunyai manfaat yang sangat besar dan memiliki banyak kandungan positif untuk tubuh.

Tahap persiapan bibit pohon pisang bali

Dalam memilih bibit pohon pisang bali hendaknya pilihlah bibit yang benar – benar berkualitas dan sehat tentunya. Sebaiknya pilih bibit dari hasil vegetatif (cangkokan tunas) agar pohon pisang bali nantinya cepat – cepat berbuah.

Ciri – ciri bibit pohon pisang bali yang bagus adalah memiliki tinggi 1 m – 1,5 m dan diameter batang 15 cm – 20 cm. Sebaiknya pilih tunas cangkokan yang berasal dari indukan yang sehat dan unggul maka dapat dipastikan bakal anak nya nanti juga akan mewarisi sifat induknya (ini hanya berlaku pada bibit hasil vegetatif dan bukan generatif).

Selain itu juga pilihlah tunas cangkokan yang memiliki bentuk ujung tunas yang runcing dan helai daunnya masih sempit.

Tahap persiapan lahan penanaman bibit pohon pisang bali

Seperti persiapan lahan tanam bibit tanaman yang lainnya, lahan harus dibersihkan dahulu dari semak – semak atau gulma – gulma yang tumbuh secara liar.

Hal ini dilakukan karena nantinya tanaman pengganggu ini hanya akan mencuri nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh bibit pohon pisang bali. Selain membersihkan lahan tanam untuk bibit pohon pisang bali sebaiknya juga persiapkan jarak tanam untuk per bibit pohon pisang bali. Jarak tanam yang ideal adalah ukuran 2 x 2 m.

 Tahap penentuan pola tanam untuk bibit pohon pisang bali

Penanaman bibit pisang bali untuk 3 bulan pertama biasanya memakai pola tanam sistem tumpang sari. Sistem tanam tumpang sari ini maksudnya adalah melakukan penanaman bibit tanaman sayuran atau tanaman pangan pada sela – sela bibit pohon pisang bali. Biasanya tanaman yang digunakan untuk tumpang sari ini adalah tanaman musiman saja.

 Tahap pembuatan lubang tanam untuk bibit pohon pisang bali

Untuk lahan yang memiliki jenis tanah yang berat ( lahan gambut misalnya ) maka ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang bali adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm. Untuk jenis tanah yang bagus atau bisa disebut tanah yang gembur ukuran jarak tanam untuk bibit pohon pisang bali hanya 30 cm x 30 cm x 30 cm atau juga bisa 40 cm x 40 cm x 40 cm.

Untuk jarak tanam nya bisa menggunakan ukuran 2 m x 2 m atau 3 m x 3 m untuk di lahan yang memiliki tanah yang subur atau gembur. Sedangkan untuk lahan yang memiliki tanah yang berat ( gambut ) maka jarak tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang bali adalah 3,3 m x 3,3 m.

Proses penanaman bibit pohon pisang bali

Proses penanaman bibit pohon pisang bali ini sama seperti penanaman bibit tanaman yang lainnya. Letakkan bibit pohon pisang bali tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang terbuat dari campuran pupuk organik dengan tanah galian lubang tanam. Timbun dengan rapat dan padat agar pohon pisang bali nantinya tidak mudah roboh. 

Lakukan penyiraman air secukupnya setelah proses penanaman selesai. Dalam hal pemupukan bibit pohon pisang bali ini sebaiknya lakukan secara maksimal agar buah yang dihasilkan nantinya memiliki rasa yang sangat manis.

Pupuk yang digunakan untuk pemupukan bibit pohon pisang bali ini adalah pupuk kompos yang mencapai berat 20 kg. Dengan semakin banyaknya pupuk yang digunakan rasa buah pisang bali juga akan semakin lezat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*